Senin, 17 Desember 2012

Pulau-pulau bermunculan dari dasar laut selama gempa bumi hingga gletser melahirkan gunung es setiap jam, Bumi dapat mengalami perubahan dramatis.


Ketujuh transformasi geologi yang terjadi secara cepat telah mempesona ilmuwan dan menciptakan ketakutan pada tiap orang. 7 Transformasi geologi yang dapat menyebabkan perubahan di bumi yaitu :
  1. Dampak Meteor, Banyak meteor menuju bumi terbakar di atmosfer planet. Meteor ini cukup besar yang dalam proses membuatnya meninggalkan kesan di landscape bisa berupa kawah. Angin bumi, air dan vegetasi akhirnya akan menghapus kawah utama. Dengan sedikit pengecualian, bahkan kawah terbesar pada akhirnya dihancurkan oleh proses tektonik lempeng.
  2. Banjir Bandang,Banjir Bandang adalah banjir di daerah di permukaan rendah yang terjadi akibat hujan yang turun terus-menerus dan muncul secara tiba-tiba. Banjir bandang terjadi saat penjenuhan air terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserap lagi. Air yang tergenang lalu berkumpul di daerah-daerah dengan permukaan rendah dan mengalir dengan cepat ke daerah yang lebih rendah. Akibatnya, segala macam benda yang dilewatinya dikelilingi air dengan tiba-tiba. Banjir bandang dapat mengakibatkan kerugian yang besar. Kelestarian alam harus dijaga untuk mencegah banjir bandang.Beberapa ngarai di Bumi (dan Mars) yang mungkin terbentuk secara geologis dalam sekejap mata akibat banjir, menunjukkan sebuah studi terbaru yang menemukan petunjuk untuk pembentukan ngarai tersebut di jantung Texas. Sebagian orang yang tinggal di Comal County, Texas bisa membuktikan banjir bandang dapat membentuk lebih cepat. Danau Canyon Gorge, dengan kesalaman(7 meter) 23-kaki- ngarai yang diukir hanya dalam tiga hari oleh banjir pada tahun 2002. Banjir menjelajahi petak tanaman hijau di kota Texas, meninggalkan pasir berwarna reruntuhan batuan dasar di belakangnya
  3. Longsoran,  .Ketika puncak gunung gletser runtuh, yang kemudian dapat memicu hujan es dan puing-puing menuruni gunung. Itulah yang terjadi untuk Mt. Kazbeck di Rusia Selatan ketika Glacier Kolka runtuh pada 20 September, 2002. Longsoran, bersama dengan bencana alam yang mematikan seperti gelombang panas dan banjir, bisa menjadi lebih umum di daerah pegunungan akibat perubahan iklim, menurut sebuah studi terbaru. Di Alpen, dimana suhu meningkat dua kali lipat suhu rata-rata global sejak akhir abad 19 dan ini diperkirakan akan naik rata-rata 0,54-0,9 derajat Fahrenheit (0,3 hingga 0,5 Celcius) per dekade pada abad berikutnya, ancaman menjadi keprihatinan yang nyata.
  4. Tanah Longsor, Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.Tanah longsor dapat menghapus desa-desa dalam sekejap mata bahkan ketika gunung berapi tidak terlibat. Hujan lebat memicu tanah longsor di lereng Gunung Elgon di Uganda, pada tanggal 1 Maret 2010.
  5. Runtuhan Volkano, Besar letusan gunung berapi melepaskan abu dan batu apung ke langit dan dapat didengar ribuan mil jauhnya dan bahkan dilihat dari ruang angkasa. Tapi gunung berapi dapat mengubah lanskap dalam sekejap mata yang dapat memicu tanah longsor besar.Ribuan tahun yang lalu, keruntuhan besar bangunan gunung berapi Soufrière Hills di Pulau Montserrat di Lesser Antilles dikirim longsor ke laut. Beberapa tanah longsor melibatkan hampir 1,2 kilometer kubik (5 kilometer kubik) bahan yang perjalanan bawah air untuk mil.
  6. Gletser, sungai besar dari es terbentuk ketika salju dan es terakumulasi selama ratusan dan ribuan tahun yang bertindak seperti sebuah ban berjalan byang mendorong es ke laut. Sungai-sungai es bergerak perlahan dari waktu ke waktu, beberapa potongan es akhirnya pembuangan ke laut, proses yang dikenal sebagai Calving mengeluarkan sumber utama air tambahan ke lautan dunia.
  7. Pembentukan Pantai Baru, pembentukan pantai baru dapat di sebabkan oleh gempa bumi. Sebagai contoh Gempa bumi yang melanda Chili pada 27 Februari mengubah lansekap negara itu dengan menaikkan tanah oleh lebih dari 8 kaki (2,5 meter) di dekat pantai dan lahan tenggelam lebih jauh ke dalam, sebuah penelitian terbaru ditemukan Gempa besar disebabkan platform laut untuk naik keluar dari laut, sehingga pergeseran garis pantai di beberapa tempat 1.640 kaki (500 m) dekat dengan laut.

Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar